Kamis, 24 Maret 2011

FENOMENA OKKOTS

okkots... kebiasaan org bugis makassar yang unik....




Kalo kamu orang bugis Makassar atau pernah tinggal atau sekedar datang  berkunjung ke sana pasti bisa melihat dan merasakan keunikan bahasanya, dialek dan intonasinya. Tapi ada yang lebih unik lagi dan keknya hanya terjadi di sana. Okkots… Kebiasaan salah ngomong ketika mencoba berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Oke.. oke.. saya coba jelaskan secara detil, okkots itu apa sih?




Okkots itu salah ngomong. Biasanya ditandai dengan adanya penambahan atau pengurangan huruf bagian belakang. Atau bisa juga salah menempatkan huruf.

Contohnya :
MakanG ikanG (Kelebihan huruf G)
GeduN bertingkaK (Kurang G dan salah huruf)
Gigik nyamuT (huruf akhir ketukar)
PS Ng (makksudnya PSM)




tetangga saya sj sampe skrg tdk bisa nyebutin Depok dengan benar. Kadang Depo’ (O nya mati pake apostrof) atau sekalian DepoT (pake T). Yang lebih lucu lagi, Tanteku yg ke Jakarta. Rencananya mau main ke rumah om. Terus dia bicara sm om sy lewat telepon
“beddu rumah mu di DepoT ya?”
“Depok !” Saya meluruskan
“Ohh… DepoT!
“Depok! Depok !”
“Iya iya, DepoT kan?”
Aarghhh…. Whatever deh!


Ini lah salah satu kendala orang bugis Makassar yang ingin mencoba menghilangkan dialek dan intonasi ngomongnya (kalo saya mah cuek, hantam terus!).  Akan sangat gampang mengenali sesoerang itu berdarah bugis Makassar atau ga. Bahkan untuk selevel Jusuf Kalla, Andi Mallarangeng, Rina Hassim pun langsung bisa ketahuan dia punya darah bugis (atau pernah lama di sana). Awalnya susah. Karena pasti akan kepeleset Okkots. Saya mengalaminya

“eh kemana ajakm?”
“kirainGG ke Depot”




Oia, ternyata orang Jakarta pun punya kebiasaan yang hampir sama, terutama orang betawi asli. Beberapa kosa kata mereka juga ada yang terpeleset – kalo ga bisa di sebut okkots. Bedanya biasanya mereka menyelipkan kelebihan huruf itu di tengah.

Contohnya :

penGsiun
PoNG Bengsin
StaTsiun
RuKsak
TengTara
 


 ternyata ga beda beda jauhji sappo..









Tidak ada komentar:

Posting Komentar